Ikat Kepala Khas Lombok

ikat kepala khas lombok sapuk sasak sapuq

Kainratu.com – Ikat kepala khas Lombok merupakan salahsatu cinderamata yang dicari wisatawan saat berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Barat atau NTB. Selain ikat kepala, kerajinan lain yang populer dijadikan souvenir dari NTB adalah tas tenun Lombok dan kain tenun Lombok.

Ikat Kepala Sapuk Lombok

Ikat kepala Lombok ada yang disebut Sapuk, berbentuk seperti udeng Bali. Sapuk atau sering dieja dengan capuk atau sapuq merupakan salah satu perlengkapan pakaian adat suku Sasak. Biasanya, sapuk terbuat dari bahan kain tenun songket benang emas.

Lihat : Pulau Lombok

Makna filosofis pemakaian sapuk bagi pria di Lombok adalah sebagai simbol penghormatan kepada Tuhan. Seringkali, motif songket untuk sapuk bertuliskan kalimat yang diambil dari Kitab Suci khususnya Al Qur’an. Pemakai ikat kepala sapuk ini juga diharapkan menjaga diri dari hal yang tidak baik.

Sapuk merupakan salahsatu jenis pakaian yang menarik diantara macam macam tenun dan penjelasannya dalam blog ini. Keberadaannya melengkapai pakaian adat khas NTB.

Ikat Kepala Khas Lombok Sebagai Pelengkap Pakaian Adat Sasak

Sapuk biasa dikenakan bersama pakaian adat suku Sasak Lombok yaitu :

  • Baju Pego. Model baju adat Lombok pria ini sekilas mirip jas di Eropa. Baju pego biasanya berwarna gelap dan polos tanpa motif.
  • Leang atau Dodot. Leang berfungsi untuk menyelipkan keris. Umumnya, terbuat dari bahan kain songket Lombok dengan motif subahnale, keker, dan bintang empet.
  • Kain dalam dengan Wiron. Kain dalam digunakan sebagai penutup tubuh bagian bawah yang meliputi pusar sampai mata kaki dengan ujung kain lurus kebawah sebagai lambang tawadhu atau rendah hati. 
  • Keris. Keris merupakan senjata pelengkap pakaian adat yang melambangkan kesatriaan dan keberaniaan dalam mempertahankan martabat pemakainya. Dalam aturan, penggunaan keris sebagai lambang adat dalam kondisi damai mengharuskan bagian mukanya menghadap ke depan. Jika terbalik muka menghadap belakang, maka maknanya adalah siaga untuk berperang. 
  • Selendang Umbak. Selendang umbak berbentuk sabuk. Selendang khas Lombok ini khusus diperuntukkan bagi para pemangku adat atau pengayom masyarakat. Proses pembuatan selendang umbak melalui ritual khusus dalam keluarga suku Sasak. 

Ikat Kepala Lombok Dicari Karena

ikat kepala tenun etnik syal

Selain sapuk yang menyerupai udeng, ada juga ikat kepala yang lebih sederhana. Bentuknya mirip syal dengan lebar kisaran 10 cm dan corak garis memanjang warna warni.

Ikat kepala ini dicari karena unik dan harga murah meriah. Harga per lembar sekitar Rp. 20 ribu bahkan bisa kurang bila beli banyak. Pemakaian ikat kepala dapat dikenakan dengan beragam cara kekinian yang kreatif.

Ikat kepala Lombok sering dipakai untuk mendaki gunung, penanda tas saat acara banyak orang, atau sekadar berfoto dengan tema etnik.

Mau lihat cara memakai ikat kepala khas Lombok yang kekinian? Ada di Channel Youtube Kainratu

Chat WA
1
Ada yang bisa kami bantu?
Halo, ada yang bisa kami bantu?
Powered by